MGMP IPA Kab. Kepulauan Meranti | Pembuatan Soal USBN 2019

 Hari Sabtu, 26 Januari 2018 MGMP IPA Kab. Kepulauan Meranti mengadakan pertemuan untuk membahas tentang pembuatan soal USBN IPA 2019. kegiatan ini dibuka langsung oleh Kasi Kurikulum Pendidikan Kab. Kepulauan Meranti, beliau menyampaikan bahwa Dinas Pendidikan Kab. Kepulauan Meranti berkomitmen untuk melaksanakan UNBK Tingkat SMP dengan persentase 100%, ini merupakan tantangan sendiri bagi Kab. Kepulauan Meranti, dengan kabupaten yang masih baru dapat melaksanakan UNBK 100%. Selain itu, beliau juga menyampaikan bahwasanya MGMP diharapkan dapat mampu menjadi wadah bagi guru mata pelajaran untuk mengembangkan keprofesionalan guru, salah satunya dalam membuat soal USBN yang 75 % soal nya berasal dari MGMP Kabupaten/Kota.

Senada dengan yang disampaikan Ketua MGMP IPA Kab. Kepulauan Meranti, Sesi Suswanti, M.Pd. bahwasanya MGMP IPA Kab. Kep. Meranti tahun ini mendapat tanggung jawab untuk membuat soal USBN IPA 2019. Rician untuk soal USBN ini terdiri atas 35 soal PG dan 5 soal Uraian sebanyak 2 paket soal  dengan menerapkan level kognitif yang dimulai dari C1 – C6 sesuai dengan kaidah penulisan soal yang berlaku. Beliau juga mengharapkan kontribusi dari setiap guru untuk membuat soal sesuai dengan kisi-kisi USBN 2019 yang sudah dikeluarkan oleh Kementerian Pendidikan. Proses pembuatan soal dibagi menjadi 2 tim yaitu tim pembuat soal dan tim review, sehingga nanti akan dihasilkan soal yang berkualitas imbuhnya.
Sobat pembaca semuanya, itu lah rangkaian kegiatan yang dapat penulis sampaikan disini. untuk informasi lain pembaca dapat melihat lampiran yang penulis sertakan pada artikel ini. jika artikelnya menarik, silahkan pembaca menshare postingan ini, serta komentarnya pada kolom komentar.  Agar dapat menambah semangat penulis dalam menulis artikel pendidikan lainya. Terima kasih

Lampiran :

2 Responses to "MGMP IPA Kab. Kepulauan Meranti | Pembuatan Soal USBN 2019"

  1. Mantap pak panji dan rekan-rekan guru ipa kep.meranti. Mari majukan bangsa.

    ReplyDelete
  2. Mkasih pak...dimana skarang pak Jesper?

    ReplyDelete