Tugas akhir Pembatik Level 4 Sahabat Rumah Belajar Provinsi Riau Tahun 2022

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Apa kabarnya bapak/ibu guru sekalian ? semoga selalu dalam keadaan semangat dan bahagia dimanapun berada. Pada kesempatann kali ini saya akan bercerita tentang pengalaman yang telah saya lakukan untuk menyelesaikan kegiatan Pembatik Level 4 ini.

Pembatik adalah salah satu event dari Kementrian Pendidikan, Kebudayaan Riset dan Teknologi untuk menunjang serta meningkatkan kemampuan guru dalam melaksanakan Proses belajar mengajar menggunakan  TIK serta membantu para guru membuat bahan ajar menggunakan perangkat TIK dengan memanfaatkan Portal Rumah Belajar dan Platform Merdeka Mengajar

Kegiatan Sosialisasi

Pada Level 4 ini atau level Kolaborasi, kami dilatih untuk dapat berkolaborasai dengan stakeholder yang berada di lingkungan dinas pendidikan tempat kami bertugas, sehingga diharapkan virus baik ini dapat menyebar ke guru-guru yang lain

Aksi nyata ini telah saya lakukan dari tanggal 18 Oktober 2022 sampai tanggal 27 Oktober 2022., saya berharap aksi nyata ini dapat menginspirasi bapak/ibu guru dimanapun berada sehingga bapak/ibu guru akan mengalami ide-ide kreatif lainnya untuk menerapakan pembelajaran yang efektif dan efisien dengan memanfaatkan platform Rumah Belajar karena tema dari Rumah Belajar tersebut adalah “Belajar di mana saja, kapan saja dan dengan siapa saja”.  Aksi nyata yang telah saya lakukan untuk melaksanakan kegiatan Pembatik Lv 4 ini adalah sebagai berikut :

Selasa, 18 Oktober 2022

Kegiatan awal yang saya lakukan pada tanggal ini adalah berkoordinasi dengan Kepala Sekolah induk untuk penyampaian tujuan dan maksud serta melakukan negosiasi serta menentukan jadwal untuk melaksanakan kegiatan kolaborasi di sekolah induk.

Dengan membawa surat pengumuman yang diberikan oleh Pusdatin tentang peserta-peserta yang lolos untuk melaksanakan kegiatan Lv 4 ini, saya langsung menghadap ke Kepala Sekolah tempat saya bertugas untuk meminta izin melaksanakan kegiatan kolaborasi di sekolah ini.

Alhamdulillah sekolah menyambut baik kegiatan ini, dikarenakan sekolah juga memiliki program Peningkatan Guru membuat bahan ajar menggunakan TIK, sehingga saya bisa menyebarkan virus baik ini kepada rekan-rekan guru sekaligus menjadi narasumber untuk kegiatan ini. Dari hasil kegiatan ini saya mendapatkan hasil yaitu sekolah menyetujui melaksanakan program ini serta diberikan kesempatan pada tanggal 26 Oktober 2022.

Kamis, 20 Oktober 2022

Kolaborasi ini bertujuan untuk menyebarkan praktik baik yang telah diterapkan kepada rekan-rekan guru, oleh karena itu saya harus membuat praktik baik yang akan dilaksanakan sebagai contoh awal suatu kegiatan Proses Belajar mengajar dengan menerapkan pembelajaran menggunakan Portal Rumah Belajar,

Terciptanya suatu pembelajaran yang baik tentu memiliki perencanaan yang bagus dan matang juga dikarenakan hal tesebut, hari ini saya mulai merancang kegiatan-kegiatan apa saja akan saya lakukan ketika melaksanakan praktik baik ini, rancangan ini saya tuangkan dalam lesson plan yeng akan saya laksanakan nantinya. Selain itu saya juga harus menyiapkan media serta evaluasi untuk mendukung kegiatan pembelajaran tersebut.

Setelah perencanaan sudah selesai dan kegiatan yang akan dilakukan sudah diketahui maka kegiatan praktik baik ini akan siap saya praktekan ke peserta didik.

Perencanaan yang telah saya dapatkan adalah saya akan melaksanakan proses belajar mengajar dengan judul Pembelajaran materi zat dan perubahannya dengan memanfaatkan Portal Rumah Belajar serta digabungkan dengan Game Turnamen kelompok menggunakan Edugame portal rumah belajar.

Jumat, 21 Oktober 2022

Kegiatan kali ini adalah kegiatan syncronus materi level 4 Pembatik. Kegiatan ini dilaksanakan secara maya dengan memanfaatkan Google Meet. Kegiatan ini diselenggarakan oleh Pusdatin dan Duta Rumah Belajar tahun-tahun sebelumnya dari Provinsi Riau. Kegiatan ini dilaksanakan Pukul 19.30 sampai dengan 21.30. Kegiatan ini di awali dengan pembukaan langsung dari Pusdatin setelah itu dilanjutkan dengan paparan materi yang diberikan oleh para Duta-Duta Rumah Belajar Provinsi Riau tahun-tahun sebelumnya.

Pembelajaran 1  Level 4 secara Tatap Maya

Materi-materi yang diberikan adalah tentang modul-modul yang ada di LMS Simpatik Lv 4. Setiap materi modul dijelaskan secara gamblang dan mudah oleh para duta rumah belajar serta diselipkan pengalaman yang telah mereka lakukan berkaitan denga modul tersebut, sehingga kami sebagai peserta memahami isi modul tersebut. Kegiatan ini ditutup dengan memberikan tugas kepada peserta yaitu menyiapkanb action plan yang akan dilaksanakan pada kegiatan Kolaborasi ini serta mempresentasikannya esok hari pada saat pembelajaran secara syncronus.

Sabtu, 22 Oktober 2022

Pada hari sabtu pagi ini saya melaksanakan kegiatan praktik baik pembelajaran menggunakan portal rumah belajar dengan memanfaatkan edugame yang tersedia di sumber belajar. Edu game ini sebelumnya sudah ada saya ambil linknya terlebih dahulu di portal rumah belajar, selanjutnya peserta didik tinggal mengakses link tersebut dan menggunakannya sewaktu pembelajaran.

Proses Belajar Mengajar

Turnamen

Selain dari link pembelajaran ini juga dilengkapi dengan link bahan ajar yang saya ambil langsung juga dari sumber belajar, selain sumber bahan ajar tersebut, saya juga menambahkan dengan materi yang saya ajarkan peserta didik sesuai dengan buku referensi yang digunakan., setelah itu dilengkapi yang sudah ada edugame tersebut serta memanfaatkan bank soal yang merupakan salah satu fitur dari rumah belajar.

Praktilk pembelajaran ini meiliki tema yaitu Pembelajaran kelompok tournamen pada pembelajaran IPA materi Zat dan Perubahannya dengan memanfaatkan fitur rumah belajar Edugame.

Kelompok turnamen yang saya buat adalah kelompok siswa yang diurutkan berdasarkan kemampuan masing sehingga anggota kelompok akan tersusun secara merata di dalam satu kelompok. Bagaimana bentuk praktik baik yang telah laksanakan, bapak dan ibu bisa melihatnya pada video di bawah ini (https://youtu.be/IG2leduTCFo)



Sabtu, 22 Oktober 2022

Setelah selesai pelaksanaan praktik baik pembelajaran dengan memanfaatkan fitur rumah belajar dan terdokumentasikannya dengan baik maka pada malam hari diadakan kegiatan pembelajaran sinkronus pertemuan ke dua untuk kelas level 4 Pembatik.

Hari kedua pembelajaran sinkronus ini adalah mempresentasikan rencana aksi (action plan) yang akan dilaksanakan oleh masing-masing peserta. Kegiatan diawali pembukaan dari perwakilan Pusdatin setelah itu 30 peserta dipanggil secara satu persatu oleh moderator untuk mempresentasikan action plan yang akan dillaksanakan. Action plan oleh masing-masing peserta sangat menarik untuk diikuti dikarenakan setiap peserta memiliki ide, inovasi serta strategi tersendiri untuk dapat dilaksanakan senantinya sampai bagian terakhirnya terselesaikan pembuatan blog sebagai tugas akhir dari peserta pembatik level 4.

Pembelajaran ke 2 Level 4 secara Tatap Maya

Kesimpulan yang didapatkan dari pertemuan ini adalah agar peserta berangsur-angsur melaksanakan kegiatan yang telah direncanakan serta konsisten sembari pembuatan blog sudah harus dimulai, tanpa menunggu waktu akhir pengumpulan.

Senin, 24 Oktober 2022

Hari senin ini berarti hari yang membawa semangat baru, apalagi sudah mendapatkan saran dan masukan terhadap action plan, sehingga saat untuk actionnya. Dikarena saya telah melaksanakan praktik pembelajaran sebelumnya pada hari sabtu, maka saat ini sesuai dengan action plan yang telah saya buat adalah untuk mengedit video praktik pembelajaran yang telah saya dokumentasikan sebelumnya.

Pengeditan video ini, saya menggunakan software filmora dan ilmu pengeditannya telah didapatkan saat mengikuti pembatik level 3. Kenapa harus diedit? Karena video ini nantinya akan saya tampilkan pada saat sosialisasi penerapan praktik kepada rekan-rekan guru, rekan-rekan guru biasanya tidak suka melihat video pembelajaran yang panjang, sehingga perlu diedit dan dibuat sebisanya untuk semenarik mungkin dan menyampaikan hal-hal penting apa yang harus diakukan, sehingga nantinya peserta tertarik dan berminat untuk menerapkannya pada proses belajar mengajar.

Rabu, 26 Oktober 2022

Kegiatan sosialisasi praktik pembelajaran memanfaatkan fitur rumah belajar siap dilaksanakan, pagi hari ini peserta sosialisasi berasal dari guru-guru SMPN 1 Merbau yang berjumlah sekitar kurang lebih 23 peserta. Kegiatan berlangsung selama 1 hari di mulai dari jam 09.00 sampai jam 15.30. kegiatan ini dibuka dengan beberapa kata sambutan dari Kepala SMPN 1 Merbau, Koordiantor wilayah (korwil) kecamatan Merbau serta kata sambutan Koordinator Pengawas Kabupaten Kepulauan Meranti. kegiatan ini dibuka langsung oleh Koordinator pengawas Kabupaten Kepulauan Meranti Drs. Chairul Arpan, MM sebagai salah satu perwakilan dari Dinas Pendidikan Kabupaten Kepulauan Meranti

Kata sambutan dari Korwil

Kata sambuatan dari Koordinator Pengawas

Peserta sosialisasi sangat antusias mengikuti kegiatan sosialisasi ini dikarenakan sangat diakui bahwasanya guru-guru sangat kesulitan membuat media atau menyediakan pembelajaran yang menarik.

Contoh Media Pembelajaran

Contoh Game Edukasi

Dengan bantuan fitur dari rumah belajar ini, menjadi salah satu poin penting bagi peserta sosialisasi dikarenakan mereka mengetahui bahwasanya Kemdikbud telah menyediakan sebuah portal yang memudahkan bapak/ibu guru untuk memperoleh media yang menarik yang dapat digunakan pada proses belajar mengajar.

Selain memperoleh media pembelajaran yang berkualitas juga mendapatkan ilmu baru tentang penerapan pembelajaran yang menarik dengan memanfaatkan fitur rumah belajar melalu praktik baik yang disampaikan.

Salam Rumah Belajar

Praktik baik yang disosialisasika  diharapkan dapat menjadi inspirasi bagi bapak/ibu guru untuik menemukan ide-ide bagaimana strategi proses belajar mengajar menjadi lebih menarik dengan memanfaatkan teknologi dan memanfaatkan fitur rumah belajar.

Daftar Hadir Kegiatan Sosialisasi

Praktik baik ini juga saya mengharapkan juga dapat disampaikan oleh guru-guru tersebut ke guru-guru yang lain, ingin rasanya melakukan sosialisasi juga di sekolah lain, tetapi dikarenakan adanya keterbatasan yaitu guru-guru disekitar kecamatan saya disibukkan dengan kegiatan perlombaan untuk menyambut hari guru nasional yang dilaksanakan oleh PGRI, oleh karena itu saya hanya berusaha memaksimalkan kolaborasi ini hanya sampai disini saja.

Kamis, 27 Oktober 2022

Kegiatan kali ini adalah menuliskan kegiatan-kegiatan yang telah dilaksanakan dalam bentuk catatan digital pada sebuah blog, semua kegiatan yang telah saya laksanakan dari awal sampai akhir harus dituliskan dalam bentuk paragraf narasi, pembuatan blog ini merupakan rangkuman kegiatan yang dilakukan dan sebagai bukti tugas yang harus diserahkan pada LMS Simpatik.

Hal-hal tersebut adalah rangkaian kegiatan yang telah saya laksanakan untuk melakukan penyebaran praktik pembelajaran dengan memanfaatkan fitur rumah belajar, mungkin masih banyak terdapat kekurangan dalam melakukan kolaborasi dikarenakan keterbatasan saya, dan harapan saya hanyalah bapak/ibu guru yang membaca narasi blog saya ini mendapatkan insprirasi pembelajaran yang dapat diterapkan dalam proses belajar mengajar, sehingga pembelajaran yang terjadi tidak hanya monoton tetapi juga dapat menarik dan menyesuaikan dengan kodrat anak. Dan juga dengan bantuan fitur rumah belajar ini maka Belajar itu bisa dimana saja, kapan saja dan dengan siapa saja Terima kasih sudah membaca narasi saya ini, lebih dan kurang saya mohon maaf dan saya akhiri dengan Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

0 Response to "Tugas akhir Pembatik Level 4 Sahabat Rumah Belajar Provinsi Riau Tahun 2022"

Post a Comment