USBA (UJIAN SEKOLAH BERBASIS ANDROID) | SMPN 3 MERBAU

Assalamu'alaikum wr. wb

Hari ini di sekolah SMP NEGERI 3 MERBAU admin mendapatkan amanah untuk melaksanakan Ujian Semester Berbasis Android. ini merupakan suatu tantangan bagi admin agar dapat melaksanakan kegiatan ini. Sistem Operasi yang admin gunakan adalah OS Debian Server 64 bit dan dikaitakan dengan moodle yang telah terbentu dalam bentuk VHD. VHD ini merupakan aplikasi yang telah dikembangkan oleh Arie K (TU dan Teknisi Sekolah di Yogyakarta). berikut ini adalah hasil jepretan-jepretan tentang pelaksanaan USBA hari ini, kebetulannya mapel PAI dan PKN, dengan user 63 siswa. Perangkat yang admin gunakan juga sangat biasa Laptop sebagai server RAM 2 GB, 1 AP, dan Stabilizer (masih menggunakan diesel sebagai sumber arus listrik maklum daerah pelosok) . dengan spek minimalis dapat menampung hampir 63 user.

Perangkat yang digunakan
Tampilan interface yang ada aplikasi ini sangat friendly sehingga tidak akan membingungkan guru dlam menggunakan aplikasi ini dan juga ada cara untuk mengontrol siswa jika ada yang curang dalam menjawab soal ujian.
Tampilan admin

Kontrol Pengawas/Proktor
Berikut ini adalah suasana pelaksanaan kegiatan USBA di SMP NEGERI 3 MERBAU Kab. Kepulauan Meranti Prov Riau. 
sesi 1

Sesi 2

Pengawas Ruang

Sesi 1
Nah pembaca pasti bertanya : 1. apakah mirip dengan UNBK dari PUSPENDIK ? 2. Apakah ada token-token an?  3. bagaimana tampilan soal serta proses pembuatan soalnya?
Jawabannya.
1. Untuk tampilan client belum hampir sama dengan UNBK PUSPENDIK akan tetapi fungsi dan prosesnya sangat mirip dengan UNBK PUSPENDIK.
2. Karena fungsi dan prosesnya mirip dengan UNBK PUSPENDIK tentu pada aplikasi terdapat token sebagai password untuk mengikuti ujian
3. Karena ini menggunakan android maka admin menggunakan EXAMBROWSER pada smartphone siswa, agar siswa tidak dapat keluar atau menggunakan bantuan lain seperti kalkulator, atau mengcapture soal dsb untuk keamanan dan kerahasiaan soal, berikut ini tampilannya
Tampilan di smartphone client

Exambrowser
Untuk proses pembuatan soalnya membutuhkan waktu yang cukup lama. ini tidak akan tebentuk tanpa partisipasi Kepala Sekolah serta guru-guru SMPN 3 MERBAU untuk membuat soal agar dapat di export ke aplikasi ini. Untuk proses pembuatan soal, pembaca dapat membaca postingan di link ini atau silahkan berkunjung ke channel youtube admin


Panji Hidayat

Jangan lupa Subscribe nya yah.hehe

Keunggulannya aplikasi ini :
1. Dapat menghandle banyak client dengan spek server minimalis
2. Tidak memberatkan kerja server
3. Berbentuk VHD yang memudahkan pengguna dalam mengoperasikannya

Kelemahan aplikasi ini :
1. Tampilan interface client belum seluruhnya menyerupai tampilan UNBK PUSPENDIK.
2. Proses pembuatan soal yang menguras waktu (menggunakan aplikasi lain)
3.  Pembobotan tiap soal masih manual.

Tetapi karena dengan spek server ringan dan  dapat menghandle banyak client membuat admin sangan merekomendasikan pembaca menggunakan software ini.

Baik cukup sekian terima kasih. mohon maaf ada kata yang salah

Assalamu'alaikum wr.wb


0 Response to "USBA (UJIAN SEKOLAH BERBASIS ANDROID) | SMPN 3 MERBAU"

Post a Comment